[Pengabdian Masyarakat]Pelatihan Koding Dasar Robotik Berbasis Block Untuk Guru Di SD Bianglala Bandung
SD Bianglala merupakan sekolah dasar swasta dengan visi menghasilkan anak berprakarsa inovatif, dan lebih peduli dalam kerangka Iman Islam. Adapun misinya adalah:
- Mewujudkan lingkungan belajar yang atraktif, inovatif, dan up to date.
- Menciptakan suasana belajar senyaman rumah dan menyenangkan bagi siswa.
- Membantu siswa menggali dan menumbuhkembangkan potensi uniknya.
- Mengembangkan kecerdasan akademik dan non akademik (keterampilan hidup) siswa.
- Menggunakan pendekatan art, music, sport dalam pembentukan karakter (good ethic).
- Memotivasi seluruh civitas Bianglala menjadi manusia pembelajar sepanjang hayat.
- Menjalin kerjasama dengan institusi nasional dan internasional untuk pengembangan diri seluruh civitas Bianglala
SD Bianglala beralamatkan di Jl. Sari Endah 19 A Gegerkalong Hilr, Kecamatan Sukasari. Bandung Jawa Barat 40152, dengan no telp. 022-200867. Lokasinya kurang lebih berjarak 17 km (tanpa lewat tol) atau 28 km (lewat tol) dari kampus Telkom University.
Di dunia industri secara umum saat ini, program atau software serta robot sudah banyak digunakan untuk otomasi industri. Software banyak digunakan di pendidikan untuk membantu mengefisiensikan proses yang terjadi. Dengan latar belakang tersebut edukasi tentang teknologi dan juga perkembangannya khususnya dibidang koding dan robotika sangat diperlukan agar mitra sasar yaitu guru (yang kemudian pengetahuan yang dimiliki oleh guru tersebut diharapkan diturunkan ke siswanya) lebih dapat memahami pentingnya mempelajari ilmu informatika (koding) dan robotika dalam perkembangan teknologi terkini. Guru SD Bianglala menjadi mitra sasar yang sangat tepat untuk pelatihan dan edukasi terkait bidang informatika dan robotika. Dikarenakan salah satu misi mitra sasar tersebut adalah mewujudkan lingkungan belajar yang atraktif, inovatif, dan up to date. Disini tampak jelas mitra berkeinginan kuat untuk mengadopsi trend teknologi. Di dalam prakteknya guru guru SD Bianglala masih mencari metoda atau tool yang sesuai dan efisien untuk mewujudkan misi sekolah untuk lingkungan belajar yang inovatif dan adaptif. Disinilah pengabdian masyarakat oleh dosen Telkom University, Prodi S1 Teknik Elektro, mengambil peran. Diharapkan dengan mempromosikan edukasi tentang koding dan robotika dapat meningkatkan daya saing bangsa Indonesia dalam menghadapi industri 4.0 ke depan sejalan dengan nawacita pemerintah.
Solusi kegiatan pengabdian masyarakat yang ditawarkan berupa pelatihan koding dasar robotik berbasis block untuk guru guru. Pelatihan dilakukan dalam satu hari dibagi menjadi tiga sesi pelatihan. Sesi pertama yaitu peserta didik akan dijelaskan tentang konsep logika, koding berbasis block dan pengenalan tool software yang digunakan yaitu Nomokit. Gambaran software yang digunakan tampak pada Gambar berikut ini.
Pada sesi kedua para peserta dikenalkan dengan praktek penerapan konsep logika dalam bentuk pembuatan animasi dan game dengan koding berbasis block. Sesi ketiga peserta dikenalkan beberapa perangkat keras sederhana yang sering digunakan untuk pembelajaran robotik seperti LED, sensor suara, aktuator dan lain lain serta pengenalan singkat mikrokontroller. Pada sesi ketiga ini juga dilakukan praktek pembuatan sistem sederhana perogram berbasis block untuk menggunakan sensor dan aktuator. Selain pelatihan teori dan praktek solusi yang ditawarkan adalah dengan modul penggunaan tool dan beberapa percobaan sederhana, sehingga peserta dapat mengulang kembali secara mandiri setelah dilakukan pelatihan. Agar skill para peserta setelah pelatihan tetap terjaga demikian juga antusiasmenya, maka akan dibentuk semacam forum diskusi atau forum komunitas. Berdasarkan hasil umpan balik yang diperoleh masyarakat sasar mengisi kuesioner feedback, masyarakat sasar menyatakan setuju, bahwa kegiatan ini sesuai dengan kebutuhan.
Diharapkan dengan adanya pelatihan koding dasar robotik berbasis block untuk guru guru di SD Bianglala dapat meningkatkan pemahaman guru guru (yang kemudian diturunkan ke anak didiknya) terhadap penggunaan teknologi informasi (koding) dan robotik dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut tentunya dapat mendukung, sebagai metoda atau tool, untuk mencapai misi sekolah SD Bianglala dalam membuat lingkungan belajar yang inovatif dan adaptif.