Pelatihan Panel Surya sebagai Energi Terbarukan untuk Siswa dan Guru di Sekolah Alam Gaharu

Pelatihan Panel Surya sebagai Energi Terbarukan untuk Siswa dan Guru di Sekolah Alam Gaharu

Ketergantungan pada bahan bakar fosil yang terbatas dan tidak terbarukan menyebabkan ketidakstabilan pasokan energi dan harga. Salah ketergantungan bahan bakar fosil itu sendiri yaitu energi Listrik yang bersumber dari batu bara. Untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dengan mengembangkan sumber energi terbarukan seperti tenaga surya, angin, dan air. Hal tersebut yang mendasari tim dosen dari Telkom University yang beranggotakan Khilda Afifah, Suksmandhira Harimurti dan Diyah Widyadari untuk melaksanakan pengabdian masayarakat untuk pelatihan panel surya sebagai energi terbarukan untuk Siswa dan Guru di Sekolah Alam Gaharu. Pelatihan ini didukung oleh mahasiwa dari IoTSEV Community Service yang terdiri dari Mayco Ikhsan Hanafi, ⁠Teguh Patriananda, ⁠Abdillah Nur Isnaini, ⁠Muhammad Fahriza Bahrudin dan⁠ ⁠Naufal Widad Sundawa.

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 6 Juni 2024, bertempat di Sekolah Alam Gaharu. Peserta pada pelatihan ini meliputi guru dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta Madrasah Tsanawiyah (MTs). Siswa pada pelatihan ini terdiri dari siswa MI kelas 4, MI kelas 5 dan MTs kelas VIII yang memiliki kisaran umur dari 10 tahun sampai 15 tahun.

Pada pelatihan ini siswa dan guru dijelaskan apa itu energi terbarukan, macam-macam energi terbarukan dan bagaimana mengubah energi terbarukan menjadi energi Listrik. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini siswa dan guru Sekolah Alam Gaharu dapat membantu dalam mengurangi emisi karbon dengan meningkatkan adopsi energi surya sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan. Serta dapat mendorong penggunaan energi bersih yang dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *