PELATIHAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENT DENGAN KODING BLOCK UNTUK GURU DI SMP SALMAN AL FARISI

PELATIHAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENT DENGAN KODING BLOCK UNTUK GURU DI SMP SALMAN AL FARISI

  • SMP Salman Al Farisi, beralamat di Jln. Tubagus Ismail VIII No. 42A, Kec. Coblong, Desa/Kel. Sekeloa, Bandung, merupakan sekolah menengah pertama swasta dengan visi “Menjadi lembaga pendidikan yang mampu mengembangkan dan menghasilkan generasi muslim yang siap menjadi Khalifatullah fil Ardli yang rahmatan lil’alamiin dan berakhlak mulia.” Adapun misinya antara lain:
  • Membangun dan menyelenggarakan sistem pendidikan komprehensif yang menyiapkan lulusannya untuk menjadi generasi muslim yang berkemampuan khalifah fil ardli yang rahmatan lil ‘alamiin dan berakhlak mulia.
  • Menyelenggarakan pendidikan SMP yang memperkuat landasan kehidupan islami para siswa sesuai dengan visi lembaga.

Kegiatan pelatihan koding dasar robotic berbasis block dilakukan oleh tim dosen dari Kelompok Keahlian Control Electronics and Intelligent System (KK CEIS), Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom, telah diselenggarakan pada tanggal 11 Juli 2024. Dari pihak SMP Salman Al Farisi diwakili oleh Bapak Acep Medi Utama, selaku Kepala Sekolah dan mitra sasar. Sementara, ketua pelaksana kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari pihak Telkom University diketuai oleh Bapak Ir. Sony Sumaryo, dosen Program Studi S1 Teknik Elektro.

Gambar 1. Ketua pelaksana PkM dari Telkom University (Ir. Sony Sumaryo, kiri) dan Kepala Sekolah SMP Salman Al Farisi (Bapak Acep, kanan)

Kegiatan pelatihan koding dasar berbasis block untuk guru SMP Salman Al Farisi akan dibagi menjadi tiga sesi utama:

  1. Sesi pertama yaitu peserta didik akan dijelaskan tentang konsep logika, koding berbasis block dan pengenalan tool software yang digunakan yaitu Nomokit. (dipaparkan oleh Ir. Sony Sumaryo, dosen Program Studi S1 Teknik Elektro).
  2. Pada sesi kedua para peserta dikenalkan dengan praktek percobaan penerapan konsep artificial intelligent dengan koding berbasis block. Percobaan yang akan dilakukan adalah percobaan:  Teachable Machine dan TM Pose (didampingi oleh Ig. Prasetya Dwi Wibawa dan Erwin Susanto, Ph.D, dosen Program Studi S1 Teknik Elektro).
  3. Sesi ketiga peserta dikenalkan, dengan demo, robot mobile low cost yang menggunakan  Machine Learning (didampingi oleh tim mahasiswa Program Studi S1 Teknik Elektro).

Di dunia industri secara umum saat ini, program atau software atau informasi serta robot sudah banyak digunakan untuk otomatisasi industri. Untuk software banyak digunakan di dunia usaha dan pendidikan untuk membantu mengefisiensikan proses yang terjadi. Para guru di sekolah sekolah dasar khsuusnya diharapkan dapat lebih mengenal apa saja perkembangan di era Industri 4.0 sekarang ini. Dengan latar belakang tersebut edukasi tentang teknologi dan juga perkembangannya khususnya dibidang koding dan robotika sangat diperlukan agar mitra sasar yaitu guru (yang kemudian diharapkan diturunkan ke siswanya) lebih dapat memahami pentingnya mempelajari ilmu informatika (koding) dan robotika dalam perkembangan teknologi terkini. Guru SMP Salman Al farisi menjadi mitra sasar yang sangat tepat untuk pelatihan dan edukasi terkait bidang Artificial Intelligent dan Machine Learning. Apalagi di website resminya dinyatakan bahwa SMP Salman Al Farisi senantiasa berusaha untuk mencetak generasi muslim yang kuat dan tangguh yaitu generasi yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan landasan keilmuan dan keimanan yang kuat dengan menerapkan kurikulum terpadu. Disini tampak jelas mitra berkeinginan kuat untuk mengadopsi trend teknologi. Di dalam prakteknya, menurut informasi dari diskusi dengan pihak Yayasan, bahwa guru guru SMP Salman Al Farisi masih mencari metoda atau tool yang sesuai dan efisien untuk mewujudkan visi misi sekolah tersebut. Disinilah pengabdian masyarakat oleh dosen Telkom University, Prodi S1 Teknik Elektro, mengambil peran. Solusi kegiatan pengabdian masyarakat yang ditawarkan berupa pendampingan penggunaan Artificial Intelligent dengan koding block untuk guru. Kegiatan pelatihan pendampingan penggunaan artificial intelligent dengan koding block untuk guru di SMP Salman Al Farisi ditunjukkan pada Gambar 2.

Gambar 2. Kegiatan Pelatihan Pendampingan Penggunaan Artificial Intelligent dengan Koding Block Untuk Guru di SMP Salman Al Farisi

Sesi pertama yaitu peserta didik akan dijelaskan tentang konsep logika, koding berbasis block dan pengenalan tool software yang digunakan yaitu Nomokit, seperti pada Gambar 3.

Gambar 3. Tool software Nomokit

Pada sesi kedua para peserta dikenalkan dengan praktek percobaan penerapan konsep artificial intelligent dengan koding berbasis block. Percobaan yang akan dilakukan adalah percobaan:  Teachable Machine dan TM Pose ditampilkan pada Gambar 3.

(a)

(b)

Gambar 4. (a). Object Detection dari Image; (b). TM Pose

Sesi ketiga peserta dikenalkan, dengan demo, robot mobile low-cost yang menggunakan Machine Learningnya. Prosesnya, adalah image diambil dari modul ESP32 Cam yang terpasang pada robot, kemudian image tersebut dikirim ke modul ESP 32 yang terpasang di robot agar robot beraksi sesuai dengan hasil Machine Learning tersebut, ditampilkan pada Gambar 5.

Gambar 5. Modul robot yang digunakan

Harapan dengan adanya pendampingan penggunaan artificial intelligent dengan koding blok untuk guru di SMP Salman Al farisi dapat meningkatkan pemahaman guru terhadap penggunaan teknologi Artificial Intelligent dan machine Learning dalam proses belajar mengajar. Hasil tingkat kepuasan mitra sasar PkM melalui kuesioner ditunjukkan pada Gambar 6, dengan jumlah persentase responden yang setuju dan sangat setuju dengan kebutuhan, isi materi dan pemaparan yang disampaikan dari kegiatan pelatihan pendampingan, serta harapan kegiatan serupa diselenggarakan kembali di waktu yang akan datang adalah sebesar 85% dengan jumlah total responden yaitu sebanyak 36 peserta pendampingan pelatihan (mitra sasar).

Gambar 6. Persentase Hasil Evaluasi Kegiatan PkM Melalui Kuesioner oleh Mitra Sasar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *