Pengembangan Kit Robotika yang Low Cost untuk Salah Satu Sekolah Menengah Atas di Desa Arjasari,Kab.Bandung

Pengembangan Kit Robotika yang Low Cost untuk Salah Satu Sekolah Menengah Atas di Desa Arjasari,Kab.Bandung

16 Desember 2023

Desa Pinggirsari di Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung memiliki kebutuhan yang akan dipenuhi melalui skema Desa Binaan. Dari sisi pendidikan, 43% masyarakat Desa Pinggirsari merupakan tamatan SD/Sederajat. Pada Desa Pinggirsari terdapat sebuah yayasan pendidikan yang menawarkan sekolah dari level Madrasah Ibtidaiyah (SD) sampai SMA. Yayasan tersebut merupakan Yayasan Al-Huda, dimana mayoritas siswa lokal mengenyam pendidikan di yayasan tersebut. Setelah dilakukan survei dan wawancara dengan kepala sekolah SMA Al- Huda, didapatkan informasi terkait kebutuhan sekolah untuk membentuk sebuah ekstrakurikuler di bidang robotika.

Pengabdian masyarakat ini kami kemas melalui pelatihan robotika berupa coding robotika kepada siswa dan siswi atau guru di sekolah. Setelah kurikulum dibuat, maka akan dilakukan pembekalan terhadap guru dan siswa serta siswa. Dengan pelatihan tersebut diharapkan dapat memberikan pembekalan robotika kepada siswa dan siswi untuk menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

Pada tahap ini, telah dilakukan kegiatan pertama pada November-Desember 2023, dan dilanjutkan pada tahun 2024. Pelatihan ini selanjutnya dikembangkan menjadi ekstrakurikuler yang secara berkelanjutan dan akan disinkronkan pembinaanya dengan komunitas robotika di Telkom University. Kedepannya diharapkan SMA Al-Huda dapat secara mandiri menjalankan ektrakurikuler sehingga secara merata para siswa dapat dibekali dengan kemampuan programming yang diperlukan untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *